Layanan

Layanan yang diberikan oleh SumselProv-CSIRTIndonesia meliputi aspek-aspek manajemen insiden keamanan siber:


1. Aduan Siber-triase insiden, koordinasi insiden, dan resolusi insiden

2. Aktivitas Proaktif-cyber security drill test, bimbingan teknis, asistensi pembentukan CSIRT organisasi

 

Triase insiden dilakukan guna memastikan kebenaran insiden dan pelapor serta menilai dampak dan prioritas insiden.

Koordinasi insiden dilakukan dengan mengkoordinasikan insiden kepada konstituen, menentukan kemungkinan root cause, pemberian rekomendasi penanggulangan, serta koordinasi insiden dengan CSIRT lain atau pihak terkait lainnya.

Resolusi insiden-pada layanan ini dilakukan investigasi dan analisis dampak, rekomendasi pemulihan, serta rekomendasi perbaikan kelemahan sistem.

 

Dalam meningkatkan kapabilitas konstituen, SumselProv-CSIRT memberikan layanan:

1. Memberikan Edukasi kepada Konstituen tentang Insiden Siber;

2. Melakukan Bimbingan teknis atau workshop tentang Keamanan Siber.